Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas IX SMP

  • Laily Yunita Susanti IAIN Jember
  • Mufti Anisa IAIN Jember
Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pahamnya siswa dalam memahami konsep materi dalam pembelajaran IPA SMP, khususnya materi sistem reproduksi pada manusia. Hal tersebut dikarenakan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di kelas kurang bervariasi dan karena peserta didik kurang serius dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas dan diduga peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Kurangnya pemahaman konsep pada materi reproduksi pada manusia kemungkinan disebabkan karena peserta didik kurang serius dalam mengikuti pelajaran di dalam kelas dan diduga peserta didik merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap pemahaman konsep pada materi Sistem Reproduksi pada Manusia kelas IX SMPN 1 Rambipuji Tahun Ajaran 2019/2020. penelitian ini menerapkan jenis penelitian Quasi Experimental Design. penentuan sampel dengan teknik pourposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.analisis dan uji hipoteisis menngunakan rumus independent sample T-Test di SPSS 22.00. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian di SMP Negeri 1 Rambipuji menunjukkan bahwa: ada pengaruh pemahaman konsep antara peserta didik menggunakan model pembelajaran NHT dan Saintifik 5M dengan hasil uji independent sample T-test pada posttest diperoleh signifikansi 0,030 kurang dari taraf signifikansi (α)= 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak.

 

Abstract

This research was motivated by students' lack of understanding in understanding the concept of material in junior high school science learning, especially material on the reproductive system in humans. This is because the learning model used in classroom learning is less varied and because students are not serious about taking lessons in the classroom and it is suspected that students feel bored with the learning carried out by educators. Lack of understanding of the concept of reproductive material in humans is probably due to students being less serious in taking lessons in class and it is suspected that students feel bored with the learning carried out by educators. This study aims to determine the effect of implementing the NHT type of cooperative learning model on understanding concepts in the material of the Reproductive System in Humans class IX SMPN 1 Rambipuji for the 2019/2020 academic year. This research applies Quasi Experimental Design research. determination of the sample using pourposive sampling technique. The data collection techniques used interviews, observation, tests and documentation. The analysis and pituitary test used the independent sample T-Test formula at SPSS 22.00. Based on the results obtained from research at SMP Negeri 1 Rambipuji shows that: there is an effect of conceptual understanding between students using the NHT and Scientific 5M learning model with the results of the independent sample T-test on the posttest, it is obtained a significance of 0.030 less than the significance level (α) = 0.05, then Ha is accepted and H0 is rejected.

 

Published
2020-12-28
How to Cite
Susanti, L. Y., & Anisa, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi pada Manusia Kelas IX SMP. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(3), 165-174. https://doi.org/10.35719/mass.v1i3.42