Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19

  • Sonny Rohimat SMA Negeri 6 Kota Serang
Keywords: covid-19, google form, penilaian harian daring

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan menggunakan Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimum yang harus dicapai oleh peserta didik. Akan tetapi, pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 mengalami kendala akibat adanya wabah Covid-19, termasuk dalam pembelajaran di SMAN 6 Kota Serang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka penilaian harian pada pembelajaran kimia di kelas XI MIPA 3 dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Google Form. Kegiatan yang dilakukan adalah menuntaskan proses pembelajaran KD 3.12 tentang larutan penyangga secara daring melalui Google Classroom, membuat instrumen penilaian, serta melaksanakan penilaian harian menggunakan Google Form. Pelaksanaan penilaian ini berlangsung dengan baik walaupun ada beberapa kendala dan kekurangan.

 

Abstract

The 2013 Curriculum is a competency-based curriculum using Basic Competencies (KD) as the minimum competence that must be achieved by students. However, learning in the even semester of the 2019/2020 school year experienced problems due to the Covid-19 outbreak, including learning at SMAN 6 Kota Serang. To solve this problem, daily assessments on chemistry learning in class XI MIPA 3 are carried out online using the Google Form application. The activities carried out were completing the KD 3.12 learning process about buffer solutions online through Google Classroom, making assessment instruments, and carrying out daily assessments using Google Form. The implementation of this assessment went well despite several obstacles and shortcomings.

Kata Kunci: Covid-19, Google Form, Online Daily Assessment.

Published
2021-06-28
How to Cite
Sonny Rohimat. (2021). Penggunaan Google Form dalam Penilaian Harian Kimia di SMAN 6 Kota Serang pada Awal Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.35719/mass.v2i1.55