Pengembagan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP

  • Darmawan Setiadi IAIN BENGKULU
  • Erik Perdana Putra IAIN Bengkulu
Keywords: Pembelajaran IPA, Sistem Pernapasan, socio scientific issues (SSI)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul pembelajaran IPA berbasis socio scientific issues (SSI) pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII SMP yang layak dan praktis digunakan setelah divalidasi oleh beberapa ahli dan responden (guru dan siswa). Metode penelitian yang digunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, namun dalam penelitian ini disederhanakan menjadi 8 tahapan karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah penelitian tersebut meliputi produksi masal potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk kelompok terbatas, revisi produk, produk akhir. Penelitian ini dibatasi pada tahap uji coba produk kelompok terbatas yaitu kelayakan dan kepraktisan modul. Instumen yang digunakan adalah angket untuk kelayakan modul dan angket respon siswa dan guru untuk menguji kepraktisan modul. Subjek penelitian ini adalah 3 dosen yang terdiri atas dosen ahli materi, ahli bahasa, ahli media, serta 10 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah beserta 1 orang guru IPA kelas VIII. Data hasil analisis angket dengan menghitung persentase pencapaian kriteria kelayakan dan kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis berbasis socio scientific issues (SSI) pada materi sistem pernapasan manusiayang dikembangkan menurut validator dinyatakan sangat layak dengan presentase ahli bahasa 94,66 % (sangat layak), ahli materi 91,7% (sangat layak), dan ahli media/desain 97,7% (sangat layak). Hasil responden siswa terhadap bahan ajar modul dengan presentase 82,87 % (sangat praktis), hasil responden guru menunjukkan presntase 73,71 % (praktis). Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul sangat layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar dalam menunjang proses belajar mengajar pada materi sistem pernapasan manusia untuk siswa kelas VIII SMP.

 

Abstract

This study aims to develop a science learning module based on socio scientific issues (SSI) on the human respiratory system theme for 7th grades of Junior High School (SMP) students that is feasible and practical to use after being validated by several experts and respondents (teachers and students). The research method used was the Borg and Gall development model which consisted of 10 stages, but in this study it was simplified into 8 stages due to time and cost limitations. The research steps include mass production of potentials and problems, information gathering, product design, design validation, design revision, limited group product trials, product revisions, and final products. This research is limited to the product trial phase of a limited group, namely the feasibility and practicality of the module. The instrument used is a questionnaire for the feasibility of the module and a student and teacher response questionnaire to test the practicality of the module. The subjects of this study were 3 lecturers consisting of material expert lecturers, linguists, media experts, and 10 7th grades students of SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah along with 1 science teacher for 7th grades. The data from the questionnaire analysis by calculating the percentage of achievement of the eligibility criteria and the practicality of the science learning module based on socio scientific issues (SSI) on the human respiratory system material developed according to the validator was declared very feasible with the percentage of linguists 94.66% (very feasible), material experts 91 .7% (very decent), and media/design experts 97.7% (very decent). The results of student respondents to module teaching materials with a percentage of 82.87% (very practical), the results of teacher respondents showed a percentage of 73.71% (practical). Based on the results of these data, it can be concluded that the module is very feasible and practical to use as teaching materials in supporting the teaching and learning process on the human respiratory system material for 7th grades SMP students.

Published
2021-12-31
How to Cite
Setiadi, D., & Putra, E. P. (2021). Pengembagan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2(2), 126-134. https://doi.org/10.35719/mass.v2i2.73