PEDOMAN PENULISAN

Sebagai bagian dari proses pengiriman artikel, para penulis harus memeriksa semua hal berikut. Artikel dapat dikembalikan para penulis yang tidak mengikuti pedoman ini.

  • Artikel yang akan diterbitkan belum atau tidak sedang diproses untuk dipublikasikan di jurnal atau berkala lain.
  • Artikel bukan hasil plagiat atau mengandung unsur plagiat. Apabila telah dipresentasikan di seminar, harus disebutkan nama, tempat, dan tanggal penyelenggaraan seminar.
  • Pengaturan File pengajuan dalam format file dokumen Microsoft Word.
  • Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  • Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai.
  • Pengaturan Teks mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis.

 

Aturan penulisan artikel dalam Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education adalah sebagai berikut:

  1. Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A4, panjang maksimal 15 halaman dan diserahkan paling lambat februari untuk terbit maret dan agustus untuk terbit september, diketik dengan menggunakan pengolah kata MS.Word. Naskah yang masuk dievaluasi oleh Penyunting Ahli.
  2. Artikel yang dimuat dalam artikel ini meliputi tulisan tentang pembelajaran matematika, matematika terapan, tekhnologi pembelajaran dan matematika murni.
  3. Semua tulisan ditulis dalam bentuk esai, disertai judul sub bab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul sub bab. Peringkat judul sub bab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua huruf dicetak tebal/bold), jika diketik dengan komputer, cetak miring, dan letaknya pada tepi kiri halaman, dan bukan dengan angka halaman.
  4. Setiap tulisan harus disertai (a) abstrak (50-100 kata), (b) kata-kata kunci, (c) identitas pengarang (tanpa gelar akademik), (d) pendahuluan (tanpa judul sub bab) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan dan (e) daftar rujukan. Hasil penelitian disajikan dengan sistematika berikut. (a) judul, (b) nama pengarang, (c) abstrak, (d) kata-kata kunci, (e) pendahuluan (tanpa judul sub bab) yang berisi pembahasan kepustakaan dan tujuan penelitian, (f) metode penelitian, (g) hasil, (h) pembahasan, (i) kesimpulan dan saran, dan (j) referensi.
  5. Referensi disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.
    Sutawidjaja, A. 2005. Matematika, XI(2) hal. 137-150, Agustus. Malang: Jurusan Matematika FMIPA UM.
    Woolfolk,A.E. 1998.Educational Psychology.Singapore:Allyn and bacon.
  6. Tatacara penyajian kutipan, rujukan, tabel, dan gambar mengikuti ketentuan dalam pedoman umum penulisan karya ilmiah. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (Depdikbud, 1987).
  7. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh reviewer yang ditunjuk oleh penyunting menurut bidang kepakarannya. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/saran dari penyunting. Kepastian pemuatan atau penolakan naskah akan diberitahukan secara tertulis atau lewat e-mail.
  8. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggungjawab penuh penulis artikel tersebut.